MASALAH SATRIA F
Bebek super ini memang anak muda
banget, yang cenderung berkarakter sporty dan serba kencang serta tangguh
melibas segala medan. Image itu memang telah dibangun oleh generasi Suzuki
Satria waktu masih zaman 2-tak.Eits tunggu dulu! Ternyata ada juga lo problem
umum bawaan orok di Suzuki Satria f
150 ini. Tapi jangan khawatir, karena semua ada solusinya. Berikut problem umum
dan cara mengatasinya. Intip aja langsung. Dijamin di jalan lebih aman! Mesin Brebet di Rpm Rendah
Masalah ini cukup menyebalkan, karena kalau sedang dalam posisi ngantre macet, mesin telat merespon terhadap putaran gas. Penyebabnya, karena FU menggunakan pilot jet ukuran 12,5. Telalu kecil untuk mesin 150 cc yang berventuri karburator 26
Susah Hidup
Terutama setelah kehujanan atau habis dicuci. Pemicunya, jarak sasis dan kepala silinder renggang serta posisi mesin vertikal, air mudah masuk ke tutup busi dan busi. Alhasil air juga bisa masuk langsung ke silinder head .Tambah lagi desain di sekitar lubang busi di kepala silinder ada got/lubang pembuangannya.
Masalah ini cukup menyebalkan, karena kalau sedang dalam posisi ngantre macet, mesin telat merespon terhadap putaran gas. Penyebabnya, karena FU menggunakan pilot jet ukuran 12,5. Telalu kecil untuk mesin 150 cc yang berventuri karburator 26
Ubah aja pilot jetnya dengan yang
lebih besar. Bisa menebus ukuran 15 (gbr.1), kalau bisa yang orisinal ya!
Soalnya ukuran yang presisi sangat mutlak hukumnya
di karburator. Kalau enggak presisi, risikonya karburator susah disetting.
di karburator. Kalau enggak presisi, risikonya karburator susah disetting.
Susah Hidup
Terutama setelah kehujanan atau habis dicuci. Pemicunya, jarak sasis dan kepala silinder renggang serta posisi mesin vertikal, air mudah masuk ke tutup busi dan busi. Alhasil air juga bisa masuk langsung ke silinder head .Tambah lagi desain di sekitar lubang busi di kepala silinder ada got/lubang pembuangannya.
Jangan lupa di bawah sambungan
knalpot ada lubang buat pembuangan air dari got tersebut. Sehingga mesti
dibersihin/dicek dan jangan sampai ada kotoran yang menyumbatnya.Kalau sudah
telanjur kotor/tersumbat, solusinya disodok saja pakai kunci L-4 . Kalau sudah
tidak tersumpal, tinggal manfaatkan semprotan angin kompresor untuk
membersihkannya.Ada
Suara Berisik
Umumnya terdengar dari head dan blok kiri. Kalau urusan yang satu ini, gak salah dan tak bukan disebabkan oleh keteng yang mulur. Umumnya masalah terdapat pada tensioner keteng. Lantaran usia pakai sudah lama, ketegangannya jadi berkurang.
Umumnya terdengar dari head dan blok kiri. Kalau urusan yang satu ini, gak salah dan tak bukan disebabkan oleh keteng yang mulur. Umumnya masalah terdapat pada tensioner keteng. Lantaran usia pakai sudah lama, ketegangannya jadi berkurang.
Eits, jangan terapkan metode lama
yang dilas ujungnya terus ditambah baut ya, karena malah akan memperpendek umur
keteng. Solusinya dengan mengganti per tensioner dengan yang lebih keras..
jelas bukan bro/sis....ayo rawat satria f andaa.
Add my facebook disinijelas bukan bro/sis....ayo rawat satria f andaa.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2 Responses to “MASALAH SATRIA F”
October 8, 2013 at 1:30 AM
bro kan kemaren ane ganti knalpot recing cuma 2 hari.. jadi skrg motor nya brisik...
gmn ia cara mengatasi yang brisik tsb...?
December 8, 2013 at 9:22 PM
sori bro bru buka nieh...berisiknya seperti apa neh. maksud'nya berisik dimesin ape dimananya. biasanya kelemahan satria f kalo berisik/mesin kasar pada stelan stansioner'a lemah... pengalaman ane sih bgtu.
Post a Comment