photo asli_zps94eb9ae7.png  photo honda1_zps25796e45.png  photo benerrr_zps5925af86.png  photo kii_zps36beb63e.png  photo bajajker_zps0bebf112.png  photo kimco_zpsb03e9a82.png  photo tvs_zpsba24051d.png  photo ducat_zpsde022415.png  photo vespa_zps736a47da.png  photo viar_zpse398d962.png

INFO SEPEDA MOTOR: "terimakasih untuk kunjunganya"


Memilih ban motor yang pas buat harian dan balap



Ban sepeda motor memiliki dua tipe. yaitu tipe U pattern dan V pattern biasanya digunakan unuk motor harian. Sedangkan pola atau pattern V langganan digunakan untuk kebutuhan racing.
Namun  demikian,bukan tidak bisa jika pengendara ingin menggunakan pola V. Penggunaan ban tipe V pada harian harus memperhatikan beberapa hal."biasanya tipe V itu digunakan untuk kondisi kering.tidak di rekomendasi untuk jalanan basah. Pada ban federal,tipe itu ada di Mp27 dan MP57."
kemudian,perhatikan tekanan angin."karna permukaan ban yang menampak di tipe V lebih sedikit jadi harus pas benar jika tidak,akan membuat ban dan pelek rusak."

Keunggulan pada tipe V,hambatan pada saat berkendara relatif lebih kecil disaat motor melaju di jalur lurus. Ini Karena luas bidang yang bersentuhan di jalan relatif lebih sedikit. Logikanya gesekan antara tapak dan alas jalan jadi lebih kecil.
Tapi, ketika motor diajak rebah, ban tetap memiliki grip yang baik. "disebabkan luas permukaan kontak ban dengan aspal saat motor tegak sempit menyebabkan kontak dengan aspal kecil."
Pada tipe U luas permukaan kontak ban dengan aspal lebih luas disbanding dengan tipe V . Hal ini membuat daya cengkram ban lebih optimal dijalur lurus.

Namun demikian, pada saat akselerasi, kedua tipe ban ini punya kelebihan dan kekurangan. "Pada tipe V pengruh saat terasa ketika akselerasi." Meski akselerasi lantaran tampak ban yang bergesek kepermukaan aspal kecil sekali shingga tenaga mesin yang tertahan tidak banyak." Tapi ada satu epek yang ditimbulkan pada ban V ini. Stang sedikit lebih enteng ketika motor dipacu pada kecepatan tinggi.'

Adapun ban tipe U jelas akselerasinya kalah cepat dengan V. Begitu juga saat meninkung, profil ban yang bersentuhan dengan aspal juga berkurang. tidak sebanyak model V hanya ketika melesat dijalur lurus,model U lebih stabil. Banyak pengguna harian yang masih menyadari kalu tipe V ini bukan karena kelebihan tekanan Ban.
Model U dan V ini sebenarnya juga bisa didapat dengan cara menggati profil ban. Contoh,ban ukuran 90/80-17 Seharusnya dipasang pada pelek ukuran 1.40 karena dipakai ke pelek ukuran 1.80 membuat ban jadi melebar dan membentuk U. Sebaliknya,ban lebar dipakai pelek kecil, profilnya jadi V. Namun penggunaan ini pada toleransinya. Kalau terlalu besar juga bakal mentok.

0 Responses to “Memilih ban motor yang pas buat harian dan balap”

Post a Comment