photo asli_zps94eb9ae7.png  photo honda1_zps25796e45.png  photo benerrr_zps5925af86.png  photo kii_zps36beb63e.png  photo bajajker_zps0bebf112.png  photo kimco_zpsb03e9a82.png  photo tvs_zpsba24051d.png  photo ducat_zpsde022415.png  photo vespa_zps736a47da.png  photo viar_zpse398d962.png

INFO SEPEDA MOTOR: "terimakasih untuk kunjunganya"


Perawatan aki motor


Sehebat apapun aki,tetap harus didukung perawatan dan cara pengisian (charge)  yang bena. Baik itu aki basah,kering ataupun aki maintenance Free (MF).
Nah aki MF yang harganya terbilang mahal juga tidak bisa di charge sembarangan. Untuk itu diperlukan trik khusus agar aki jenis ini lebih awet dan enggak bikin masalah.

Cara rawat paling mudah agar setrum aki enggak tekor, saat menghidupkan mesin pakai elektrik starter yang menyerap arus hingga 400-500watt, baiknya mesin tetap dihidupkan kira kira 15 menit atau langsung diipakai jalan. Dikurun waktu itu pada saat jalan,setrum yang telah dipakai (elektrik starter) akan kembali teris. itu jauh lebih baik dari pada motor didiamkan ditempat.

Tapi,kalau aki sering dipakai elektrik starter tapi mesin sulit hidup setrumya pun akan cepat berkurang. bila sering dilakukan,aki cepat tekor dan sulit untuk menhidupkan mesin. kalau begitu, harus segera di charge biar tidak soak.
perlu ingat, aki kering atau MF enggak bisa diisi ulang charge khusus,lantaran sistem pengisian aki kering sangat kecil dan stabil,yaitu sebesar 0,5 ampere. Bahkan untuk bisa penuh total dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 8 jam atau tergantung besarnya aki.

Selain cara tadi, komponen pengisian dimotor macam sepul sampai kiprok harus bekerja baik. untuk memastikan, bisa dilacak pakai multitester. khusus aki kering baru, baiknya maksimal 3-4 bulan setelah masa produksi.

0 Responses to “Perawatan aki motor”

Post a Comment