ATASI ASAP PUTIH DARI KNALPOT
untuk motor 2tak keluar asap putih dari knalpot itu wajar wajar saja,nah jika asap putih keluar dari knalpot motor 4tak ini baru tidak wajar.
knapa ko bisa keluar asap putih dari knalpot motor 4tak?
asap putih yang keluar dari knalpot itu adalah oli yang masuk kedalam lubang pembakaran dan pada waktu mesin dihidupkan oli ikut terbakar,jadi asap putih tersebut adalah sisa dari pembakaran oli.
masuknya oli ke ruang bakar ada 3 kemungkinan kemungkinan:
- yang pertama: dari seal klep,jika seal klep rusak(sobek,keras/tidak elastis lg) bsa dipastikan oli masuk dari batang klep.ciri ciri seal klep rusak dengan melihat asap dari knalpot. jika sat pertama mesin motor dihidupkan (terutama dipaggi hari) keluar asap putih dan tidak lama kmudian sesaat mesin sudah anget asap putihnya hilang berarti itu seal klep rusak sehingga oli masuk dri batang klep.
- Yang kedua Ring seher aus / rusak... jika ring seher sudah rusak/aus dipastikan saat mesin berjalan oli yang nempel di dinding silinder karna ring seher lemah/rusak ring seher tidak bisa menyerut sisa oli didinding silinder. oli pun akan terbakar di ruang silinder.. tanda tanda ring seher aus: semakin kita gas semakin banyak asap yang dikeluarkan diknalpot.
cara mengatasinya: ganti ring seher.
- yang berikutnya akibat dinding silinder lecet,akibatnya sama sepeti ring seher aus/rusak.
cara mengatasinya: korter lubang silinder kerena lubang silinder sudah dikorter tentunya seher/piston dan ring seher pun harus diganti.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Responses to “ATASI ASAP PUTIH DARI KNALPOT”
Post a Comment