DONGKRAK PUTARAN ATAS MOTOR MATIC
sempat disinggung sedikit tentang teknik ‘keruk’. Yup, ini salah satu cara yang
banyak dilakukan mekanik, untuk meningkatkan tenaga skubek di putaran atas.
Menurut beberapa mekanik yang kerap melakukan teknik ini. Nama
keruk diambil karena proses pembuatannya yang harus mengeruk bagian rumah roller. Nah, buat
sobat yang penasaran dengan proses pengerjaannya, monggo disimak.
“Prinsip pengerjaannya, yakni membuat roller mengangkat lebih
tinggi pada jalurnya. Makanya, ada sedikit modifikasi yang dilakukan pada rumah
roller.
Gunakan
pisau keruk agar jalur roller
landai dan rata
|
Kalau dilihat pada rumah roller atau puli standar. Jalur main
roller hanya sedikit, tidak full sampai atas. Padahal, masih ada ruang yang bisa
dimaksimalkan agar roller bisa mengangkat lebih tinggi. Makanya, banyak mekanik
yang mengakalinya dengan teknik mengeruk.
Jalur
main roller jadi lebih tinggi
|
Caranya, sobat harus membuat alat keruk menggunakan pisau bubut
yang disesuaikan ukurannya dengan jalur roller. Jika sudah ada, sobat tinggal
mengeruk lapisan jalur roller hingga landai.
“Agar proses keruk bisa lebih cepat, sobat bisa menggunakan bor tuner untuk mengikis
bagian yang lebih tebal. Setelah itu, baru lanjutkan proses keruknya dengan
pisau yang telah dibuat,” tambah mekanik yang juga mantan joki drag bike ini.
Tapi, harus diingat sob! Penggunaan
mata bor tuner hanya direkomendasikan di awal proses pengerjaan saja. Finishing tetap menggunakan mata pisau keruk. Ini untuk menjaga agar
jalur roller tetap landai, sehingga roller bisa naik turun dengan sempurna.
SUMBER:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Responses to “DONGKRAK PUTARAN ATAS MOTOR MATIC”
Post a Comment