photo asli_zps94eb9ae7.png  photo honda1_zps25796e45.png  photo benerrr_zps5925af86.png  photo kii_zps36beb63e.png  photo bajajker_zps0bebf112.png  photo kimco_zpsb03e9a82.png  photo tvs_zpsba24051d.png  photo ducat_zpsde022415.png  photo vespa_zps736a47da.png  photo viar_zpse398d962.png

INFO SEPEDA MOTOR: "terimakasih untuk kunjunganya"


MENINGKATKAN PERFORMA KARBU PWL26



Karbu Pwl mrupakan salah satu karbu yg bnyk dipakai oleh temen2 utk modifikasi mesin speda mtr. Namun karbu ini dipandang "sebelah mata" oleh bnyk orang tdak sperti karbu PE28 yg jd favorite.
Mengapa demikian? Mgkin bnyk temen2 yg bertanya mngenai hal ini.
Baiklah, disini sy akan "mengungkap rahasia" kekurangan karbu Pwl26 dengan tujuan utk membangkitkan potensi yg tersembunyi didalamnya.
Jika kita sdh mengetahui kekuranganya, maka kita tinggal mencari solusinya utk memperbaiki kekurangan tsb.
Sbnernya kekurangan karbu Pwl26 menurut sy itu kecil, tp tdk bnyk rekan2 yg mengetahuinya.
Riset inipun baru sy tau bbrp wktu yg lalu ketika melakukan "bedah karbu" ninja r pnya sepupu yg minta bantu ditingkatkan performanya utk menghadapi event dragbike hari minggu bsok di Banjarnegara Jateng.

Adapun kekurangan karbu Pwl26 adalah sbb:
1. Jumlah lobang nosel cm 6 lobang (gambar atas).
Utk mtr korekan, jumlah sgini tentu saja msih kurang mumpuni utk menyuplai bahan bakar ke ruang bakar. Sbg perbandingan sj, jmlah lobang nosel PE28 aja ada 10 lobang dan Pwk28 ada 16 lobang. Dr sini sj sdh jelas performa karbu Pwl sdh kalah duluan, akselerasi nya lambat.
Maka dari itu, jeting karbu Pwl angkanya lbih tinggi dibanding PE28 utk mengimbangi kekurangan disektor jumlah lobang noselnya.
2. Ukuran venturi 26mm, kalah dg PE28 yg 28mm
3. Profile jarum kurang "resing".

Adapun kelebihan dr karbu Pwl26 adalah bentuk& ukuran nosel sama persis dg karbu PE28 dan Pwk28.

Nah dari hasil data tsb, langkah yg bisa ditempuh utk memperbaiki performa karbu Pwl26 adalah sbb:
1. Ganti nosel pnya PE28 yg berjumlah 10 lobang (gambar bawah). Dg penggantian part ini sdh pasti akan meningkatkan suplai bahan bakar ke mesin.
Masih kurang lobang noselnya?
Jika msih kurang, kita bs mengganti noselnya dg Pwk28 yg berjumlah 16 lobang.
Jika msih kurang juga, kita bs juga mengganti noselnya dg nosel Pwk 30 lobang...
Mantap kann? Hehe...
2. Mgkin bagi rekan2 menganggap ukuran venturi 26 msih kurang besar. Its okay, kita bs mereamer karbu Pwl 26 mnjadi 28mm atau 30mm trgantung kbutuhan.
3. Jarum Pwl 26 bs kita sulap mnjadi jarum sudco. Caranya adalah dg mengampelas bagian pinggang yg ada semacam sudut kurang rata yg tiba2 mengecil. Nah bagian itu kita amplas dg amplas 500. Cara mengamplasnya dg dimasukan ke mata bor biar rata hasilnya. Lalu bagian ujung kita amplas lagi hingga mendapatkan ukuran 0,9mm. Jadilah jarum JJH yg legendaris...
Klo ada yg bertanya "Om wildan, jarum sudco kann ada clip 5 tingkat, sdgkan jarum Pwl26 gak ada, gimana cara nyetel posisi ketinggian jarumnya?..."
Owh, itu mudah saja brader. Kita bisa mengganjal jarum dg pelat atau ring dr repairkit karbu lain. Mau brpa tingkat jg bs kita lakukan hingga dpet tarikan yg mantap aduhai...

12 Responses to “MENINGKATKAN PERFORMA KARBU PWL26”

Unknown said...
December 28, 2016 at 3:35 PM

gan jual nozzel 18 lubang ga,soalnya saya pake pwk sudco lubangnya cuma 8,kadang suka lag gt kaya telat bensin..


Anonymous said...
April 3, 2018 at 5:09 AM

Gak salah lu gan sudco pwk 28 nozel lubang cuman 8 gan.dan untuk pe 28 japan malah buta gk ada lobang


Unknown said...
December 18, 2018 at 10:00 AM

klw pwl 26 untuk jarum pelampung ya apakah sma dengan pe gan


Unknown said...
December 18, 2018 at 10:00 AM

klw pwl 26 untuk jarum pelampung ya apakah sma dengan pe gan


Unknown said...
February 14, 2019 at 10:20 AM

Kalo karbu pwl 26 pakai nosel pnya pwk sudco gmn bos..dan ukuran pilot jet dan main jetnya brapa..kondisi mesin standar .makasih bos qu tolong kesimpulan nya


Unknown said...
February 20, 2019 at 11:31 AM

Tergantung motor dan spek mesin gan


Unknown said...
May 9, 2019 at 5:18 AM

Betul gan punya ane pwk kx lubang nozelx ada 8


Unknown said...
October 17, 2019 at 4:30 AM

lau nosel pe28 sya banyakin smpai 20 lubang gimna bosku..??


Anonymous said...
October 20, 2019 at 12:32 AM

klo spek porting harian pakek nozzle 18lubang apa gk terlalu boros om ??


Mochil lie said...
November 25, 2019 at 6:11 AM

Punyaku pwk sudco juga 8 lubang bawaannya


Anonymous said...
December 12, 2019 at 1:13 PM

Klo menurut pemahaman nenek gue, karakter 2tak dg 4tak kn beda, jd yg lubangnya dibawah 10 lbh cocok buat 2tak (motor tanpa pompa olsam cenderung lbh dikit lubang nozzlenya drpd motor yg ada pompa olsam), trus nozzle yg lubang 10 ke atas lbh cocok buat 4tak n banyaknya lubang jg mengikuti spek mesin


Ottolie said...
April 23, 2020 at 6:39 PM

Nozzle 18-30 hole, dalam arti lubang semakin banyak, harviahnya udara yg tersedot juga akan semakin banyak. Yg artinya percampuran bahan bakar dan udara tidak imbang, jadi logikanya harus menaikan nilai pj/mj juga, semakin banyak lubang maka perlu memperbesar nilai mj


Post a Comment