Bengkel resmi ataupun umum bisa menyebut service rutin dengan istilah
tune-up. Artinya pengembalian kondisi motor sesuai standart pabrik. setelan atau setingan diatur seperti motor baru. tentunya setelah motor mencapai batas kilometer tertentu.
Ini pedoman bagi konsumen. agar jangan salah paham ketika service rutin dibengkel . sekaligus bisa jadi panduan kalau mau coba service sendiri....pastinya,kagak usah sampai turun mesin.
Apa saja poin poinya? yuk kita urut.
Pemeriksaan,penambahan atau penggantian minyak pelumas dilakukan setiap 2.000 km.ini berlaku bagi oli anjuran pabrik seperti MPX ,SGO,YAMALUBE,FEDERAL,MESRAN.kecuali untuk motor baru, 500 km pertama harus ganti oli.selanjutnya ikuti masa service gratis sesuai buku pedoman.
saringan oli jarang sekali dibersihkan.Umur pemakaian tahun baru diservis.Itu untuk motor Honda terutama tipe sport.Beda dengan kawasaki Kaze,Blitz,Blitz joy,Suzuki Smash dan Shogun 125.saringan ganda wajib ganti setiap 3 kali ganti oli.
Tidak berlaku bagi motor laki.Bebek yang mengaplikasi kopling sentrifugal wajib dicek dan disetel setiap 4.000 km.Letak mur penyetel ada di bak kopling kanan.
Tidak berlaku untuk motor kopling manual(kebanyakan motor bebek). stel jarak main handle kopling sesuaikan jarak bebas 5-10mm.
Stel klep harus di kerjakan setiap 4.000 km.Agar buka-tutup klep sesuai waktunya.Sehingga bisa tetap hasilkan tenaga besar dan irit bensin.
Karburator wajib dibongkar untuk dibersihkan setiap 4.000 km.Tentu setelan udara wajib disetel ulang sesuai kemauan mesin.
Pemeriksaan saluran bahan bakar tidak hanya cek aliran bensin diselang. tapi ikut dibersihkan juga saringan bahan bakar setiap 4.000km. kalau sudah lama atau lewat dari 2 tahun lebih baiknya ganti saringan.
Busi setiap 4.000km wajib ganti. masa pakai 2.000km lebih baik periksa setelan gap(kerenggangan elektroda). anjuran pabrik sih biasanya 0.7mm.
Rantai roda wajib diperiksa dan dilumasi setiap 500km. kalau perlu disetel ulang. jangan biarkan dalam kondisi terlalu kotor.
Rem belakang wajib diperiksa setiap 4.000km. cek jarak mainya.
Periksa roda dan komponen komponen roda seperti bearing,jari-jari,Tekanan angin dicek setiap 4.000km. tapi kalau tekanan ban kempes/kurang angin tidak perlu menunggu sampai 4.000km. apalagi kalo bocor ya ditambal dulu coyy....!
Orang sini lebih tau shockbreker ketimpang suspensi. pantau baik baik sambil sedikit di genjot setiap 4.000km jangan jangan sudak gak main.
Juga setiap 4.000km wajib diperiksa sorotan sinar lampu depan wajib dicermati,jangan jangan sudah bergeser.
Periksa air aki dan terminalnya setiap 4.000km. kalau berkurang,segera isi kembali dengan air aki biasa/air suling(bukan air zuur).
Lampu rem lebih baik diperiksa juga setiap 4.000km,jangan jangan sudah kotor/lampu sudah tidak berpungsi sebagai mana mestinya
Air radiator ini khusus motor bagi yang menggunakan pendinginan air. air radiator harus sering dipantau dan segera diisi kalau kurang. ga ada salahnya dicek setiap pagi atau awal mesin dihidupkan.
Minyak rem wajib dicek setiap 4.000km. kalo berkurang segera isi kembali. juga periksa jangan sampai ada kebocoran.
Putaran gas kudu diperiksa juga setiap 4.000km jangan sampai ada speling yang terlalu besar,bisa bisa berakibat terlambat sat dipelintir.
Kudu dicek laher komstir setiap 1tahun atau 12.000km. jangan jangan sudah oblak,caranya posisikan motor dengan standar tengah angkat roda depan dan tarik maju mundur rodanya,kalau oblak akan ketahuan.
Wajib diperiksa kekencanganya setiap 4.000km atau setelah ganti ban.
Lebih baik service motor setiap 4.000km,karena umumnya komponen kudu disesuaikan kembali.
1 Responses to “PEDOMAN SERVIS MOTOR”
May 25, 2014 at 6:34 AM
macam macam yang harus diperikasa ya bro?
saya gak punya pengetahuan otomotif, jadi harus banyak belajar agar bisa mengatasi masalah motor dan merawatnya sendri
Post a Comment